RSS

Sebuah bentuk kerendahan hati


Pengen sedikit sharing berdasarkan pengalaman gw soal bentuk kerendahan hati...banyak orang yang tahu bahwa kita sebaiknya harus bersikap rendah hati, namun seringkali kita gak sadar...maksudnya mau bersikap rendah hati (biar orang diam2 memujinya) tapi eh malah jadi sebaliknya.
Ini beberapa point yang gw anggap sangat penting :
- Berbicara sesedikit mungkin tentang diri sendiri
- Uruslah sendiri persoalan-persoalan, hindarilah rasa ingin tahu, janganlah mencampuri persoalan orang lain
- terimalah pertentangan dengan kegembiraan, jangan memusatkan perhatian kepada kesalahan orang lain, terimalah hinaan dan caci maki, terimalah perasaan tak diperhatikan, dilupakan dan dipandang rendah, mengalah terhadap kehendak orang lain, terimalah celaan walaupun anda tak layak menerimanya
- bersikap sopan dan peka walaupun orang lain memancing amarah anda, janganlah mencoba agar dikagumi dan dicintai, bersikap mengalah dalam perbedaan pendapat walaupun anda benar. Pilihlah selalu yang tersulit.
- Selalu mengucap "tolong" kalau minta bantuan dan mengucap "terima kasih" kalau sudah selesai ditolong. Jadi kita benar2 menghargai bantuan itu dan tidak nge-bossi tauu.....
- Selalu mau minta maaf duluan, walaupun kita tidak berada dalam pihak yang salah. Mengucap kata "Maaf" kalo bisa membuat suasana damai dan persoalan selesai...apa salahnya kan ?
Nah untuk yang satu ini....masih banyak orang2 disekitar gw yang gak mau ngelakukannya yaitu minta maaf...padahal jelas2 dia yang salah. Walah...
Semuanya emang sulit untuk diterapin dalam hidup, tapi bukannya gak mungkin toh ? yah at least kita termasuk gw harus berusaha nerapin dan gak brenti intropeksi diri, gw yakin pasti ntar bisa jadi "Wise man" deh. Kalo dah gitu kita belajar untuk merendahkan diri dihadapan Tuhan...tul kan ? How about you pal ???

2 comments:

jeff said...

"...How about you pal ??? "
btw, itu "pal" kan? bukan "pa".
maaf deh ma, kalo sering buat salah ya.

Nina said...

Hehehe...maksudnya sih emang bener2 pal, tapi kalo papa ngerasa ya bagus deh. Next time kalo mau minta maaf ngomong aja langsung...(kalo orang jawa bilang)lebih ksatria gitu lho.

Post a Comment

Copyright 2009 IsaiahJozua. All rights reserved.
Blogger Template by Blogger and Blogger Templates.
Bloggerized by Miss Dothy